Jumat, 28 Oktober 2016

Ayo Jadi Technopreneur Sukses!



Menjadi Technopreneur, Kenapa Tidak?

Sebuah titik mulai menuju kesuksesan dimulai dari sini...



Memang agak sulit untuk menjadi seorang technopreneur.Tapi semua bisa diatasi bila kalian mempunyai keyakinan kuat untuk bisa menjadi technopreneur sukses. Untuk kalian yang mempunyai semangat tinggi, berikut cara menjadi seorang technopreneur sukses...

1.   Menonjolkan ciri khas produk yang kalian hasilkan dan dirancang memiliki inovasi dan keunikan tersendiri.
2.   Selalu memperbarui/menginovasi produk yang kita hasilkan agak menjadi produk unggulan & mempunyai ciri khas tersendiri.
3.   Mampu mengkombinasikan perkembangan teknologi & jiwa pengusaha.
4.   Memberikan hak paten pada produk yang kita buat untuk menghindari kemungkinan peniruan & melindungi produk.
5.   Melakukan survey kebutuhan pasar & mengkaji ulang untuk menyelesaikan persoalan tersebut dengan teknologi, lalu hasil kajian tersebut diwujudkan dalam bentuk produk/jasa.
6.   Melakukan tes pasar pada produk agar tidak akan terjadi kesalahan harga.
7.   Melakukan cost leadership, yaitu menjual produk dengan harga murah dengan menggunakan sistem produksi yang menghemat biaya.

Untuk merealisasikan cara-cara tersebut perlu adanya rencana bisnis. Rencana bisnis ialah pernyataan formal yang terulis mengenai tujuan-tujuan dari sebuah bisnis dan caramenggapai tujuan tersebut. Walaupun hal yang terpenting dalam bisnis ialah jalankan saja atau just do it, tetapi jalan tanpa persiapan sama saja dengan seseorang yang akan mendaki gunung dengan tagan kosong. Mengapa kita harus membuat rencana bisnis (bisnis plan) ? Berikut alasannya:

1.   Agar kita bisa terfokus pada tujuan bisnis.
2.   Sebagai persyaratan untuk peminjaman modal usaha bisnis ke lembaga pembiayaan.
3.   Sebagai pengendalian bisnis sehari-hari.
4.   Bisa menarik para investor.

Dalam bisnis juga diperlukan etika dalam berbisnis. Tanpa adanya etika bisnis, bisnis yang kita jalankan akan sulit dipercaya oleh orang lain. Oleh karena itu perlu adanya tanggung jawab sosial. Tanggung jawab atas pelayanan pada pelanggan, pada karyawan kerja, pemegang saham, lingkungan, dan masyarakat. Perusahaan adalah entitas sosial, sehingga secara langsung akan berhubungan dengan masyarakat luas, entah masyarakat sebagai pelanggan perusahaan maupun masyarakat sebagai kumpulan individu di tempat bisnis berjalan. Maka penting bagi kalian untuk membuat keputusan perusahaan yang tidak bertentangan dengan kepentingan masyarakat secara umum. 

Terima kasih telah membaca artikel ini.... Selamat berjuang untuk menjadi technopreneur dan tetap semangat... 

www.unaki.ac.id/


“Dibuat untuk Lomba Universitas Unaki dalam memperingati Dies Natalis Unaki ke-22.”(Tulisan sendiri tanpa copas)