Jumat, 28 Oktober 2016

Ketrampilan yang Harus Dimiliki Para Technopreneur



Menjadi Technopreneur, Kenapa Tidak?

Sebuah titik mulai menuju kesuksesan dimulai dari sini...



Seorang technopreneur inovatif harus selalu memiliki ide kreatiif yang bervariasi. Untuk mengembangkannya masing-masing pebisnis technopreneur punya cara masing-masing yang berbeda, walaupu berada di bidang yang sama. Untuk menciptakan perbedaan dan ciri khas produk dari masing-masing technopreneur perlu memiliki ketrampilan tertentu. Berikut contoh ketrampilan yang harus dimiliki para technopreneur:

1.   Ketrampilan bernegosiasi, yaitu kemampuan mengikat kesepakatan dengan mitra bisnis dan meyakinkannya. Kemampuan ini dapat dilihat dari aspek keberanian menggali informasi, kesabaran bertahan, keberanian meminta lebih banyak, integritas dan aktivitas sebagai pendengar saat nego. Kemampuan ini dilakukan untuk meningkatkan kemajuan usaha technopreneur yang akan kalian jalani.

2. Kreativitas dan inovasi, ketrampilan inilah yang membuat perbedaan dari pebisnis technopreneur satu dengan yang lain.

3.   Ketrampilan menulis, kemampuan ini sangat penting dimiliki oleh para calon technopreneur seperti kalian. Setiap technopreneur selalu membuat proposal rencana bisnis, merekap semua data, dan semua pekerjaaan seorang technopreneur pasti tidak akan lepas dari menulis. Kualitas tulisan seorang technopreneur akan memengaruhi kualitas bisnis technopreneur yang kalian jalani.

4.   Ketrampilan berbicara di depan umum, kemampuan ini sering dirasa paling sulit bagi kalian karena kita harus mengemukakan bisnis yang kita lakoni ke khalayak luas. Namun hal ini bisa dilatih dengan mencoba berbicara mengemukakan bisnis kalian di depan cermin, kepada keluarga, maupun pada teman selama berulang kali. Berbicara di depan umum juga perlu memperhatikan intonasi,nada,. dan kecepatan dalam mengemukakannya. Oleh karena itu seringlah melatih diri untuk terbiasa berbicara di depan umum.

5.   Ketrampilan jaringan bisnis, yaitu ketrampilan dalam menjalin hubungan dengan pebisnis lain yang berpotensi dapat membantu dalam bisnis kalian atau sebalikya.

6.   Kreativitas & inovasi baru sangat diperlukan untuk melalui persaingan bisnis yang sangat ketat. 

7.   Ketrampilan mengolah uang, ketrampilan ini biasa digunakan untuk menganalisis untung rugi, alokasi yang akan digunakan untuk investasi kembali, pemasukan dan pengeluaran, dsb. Pengelolaan uang yang tidak terampil dapat menghambat seorang technopreneur mencapai target bisnisnya.

8.   Ketrampilan memanajemen waktu dan pengembangan Sumber Daya Manusia, kalian harus memiliki kemampuan merekrutmen karyawan, evaluasi kinerja, mengatur, mengarahkan, menggerakkan (memotivasi), dan mengendalikan orang-orang dalam menjalankan perusahaan. Selain itu kalian harus bisa mengatur waktu agar semua pekerjaan bisa selesai sesuai target bersama. 

9.   Ketrampilan mengetahui stratergi bersaing juga diperlukan untuk mengungkap kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari pesaing.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Nantikan postingan selanjutnya...


www.unaki.ac.id/


“Dibuat untuk Lomba Universitas Unaki dalam memperingati Dies Natalis Unaki ke-22.”(Tulisan sendiri tanpa copas)